Cara Mengatasi Kamera Failed Pada Samsung Galaxy

Cara Mengatasi Kamera Failed Pada Samsung Galaxy – Fitur kamera pada Samsung Galaxy kerap mengalami masalah failed atau tidak berfungsi. Masalah ini memang kerap dialami namun memiliki beberapa penyebabnya seperti data di aplikasi kamera yang terlalu penuh hingga adanya aplikasi kamera pihak ketiga yang mempengaruhi kinera kamera pada Samsung Galaxy ini. namun anda tidak perlu buru-buru membawa smartphone anda ke servis center karena dengan beberapa cara sederhana anda bisa mengatasi permasalahan ini.

Mulai dari merestart smartphone, menghapus data hingga mencoba factory reset. Cara – caranya mesti dilakukan secara beratahap untuk mengidentifikasi penyebab masalah kamera failed ini. Jika terpaksa melakukan factory reset sebaiknya cover data yang tersimpan agar tidak hilang terlebih dahulu. Bagi anda yang ingin mencoba mengatasi masalah kamera failed pada Samsung Galaxy, berikut beberapa ulasan lengkapnya untuk cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Kamera Failed Pada Samsung Galaxy

Mengatasi Kamera Failed Pada Samsung Galaxy

1. Restart smartphone
Sebelum melakukan langkah lainnya sebaiknya restart smartphone terlebih dahulu. Kamera failed pada Samsung Galaxy ini mungkin bisa diatasi dengan merestart smartphone kemudian melepas baterainya. Diamkan smartphone terlebih dahulu kemudian kembali ke fitur kamera. Jika kamera berfungsi normal maka anda tidak perlu melakukan langkah selanjutnya.

2. Hapus data
Camera failed bisa terjadi karena data yang menumpuk. Maka anda bisa mencoba menghapus data bawaan dari aplikasi kamera agar kinerjanya lebih ringan. Cara ini dilakukan setelah proses restart. Caranya dengan masuk ke menu settings dan manager application. Kemudian pilih all dan gulirkan kearah camera. Buka aplikasi camera dan masuk kedalam App Info pilih Clear Data.

3. Hapus chace partisi
Menghapus cahce partisi dilakukan jika anda baru saja melakukan root atau memasang curtom ROM. Hal ini bisa mengakibatkan kamera tidak berfungsi. Matikan smartphone kemudian tekan tombol volume up, home dan power secara bersamaan. Selanjutnya arahkan ke opsi wipe chace partition kemudian tekan tombol down dan home secara bersamaan. Hal demikian bisa anda coba untuk semua aplikasi pada smartphone.

Baca Juga  Cara Mengaktifkan Whatsapp 2 akun Samsung Seri J

4. Pasang atau hapus aplikasi kamera pihak ketiga
Aplikasi kamera pihak ketiga bisa anda gunakan untuk mengganti fitur kamera bawaan yang masih error. Jika anda akan memasang aplikasi pihak ketiga maka gunakan aplikasi Google Camera untuk mengganti aplikasi kamera bawaan dengan fitur yang lebih lengkap dan sesuai dengan Samsung Galaxy.

5. Factory reset
Jika cara diatas masih gagal maka ada baiknya untuk mengembalikan smartphone pada pengaturan pabrik. Pastikan semua data sudah tercover baik agar tidak hilang. Masuk ke menu settings kemudian piliha backup and reset. Pilih factory reset kemudian tekan OK. Biasanya dengan cara ini kamera di Samsung Galaxy akan berkerja normal kembali.

Demikian beberapa cara yang bisa anda coba untuk mengatasi kamera failed pada Samsung Galaxy. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Cara Mengatasi Kamera Failed Pada Samsung Galaxy | Admin | 4.5

Leave a Reply